Jumat, 03 April 2015

RANGKAIAN LAMPU DARURAT LED LUXEON MENGGUNAKAN BATERAI HP

Lampu LED Luxeon ini memang sangat super terang sekali dan hemat energi, Luxeon yang dilengkapi heatsink  (pendingin). Ragam penggunaan yang multi fungsi lampu senter police, lampu otomotif, lampu penerangan rumah tangga, lampu emergency, dan sebagainya. Meski sudah dilengkapi dengan pendingin alumunium di penampangnya untuk meredam panas yang diakibatkan bila tegangan dan arus yang digunakan melebihi batas, tak jarang luxeon akan cepat rusak dan mati bila digunakan melebih tegangan secara terus menerus.
Luxeon_007
ini gambar lampu LED luxeon digunakan sebagai penerangan jalan

Street-light-using-LUXEON-LEDs-lights-588x392Mungkin sebagian anda bertanya, apakah mungkin Luxeon 3 Watt langsung di gunakan tanpa driver menggunakan battery 18650 3.7 Volt 5200mA?Saya katakan berdasarkan analisa saya. Bisa! asalkan Lednya yang digunakan tidak dipasang single melainkan harus dirangkai paralel agar arus yang digunakan tidak berlebih yang menyebabkan heatsink Luxeon PANAS bahkan bisa MATI. Silahkan perhatikan gambar rangkaian dibawah ini berdasarkan:
7x-hpl3w-700ma
Gambar diatas saya ilustrasikan menggunakan LUXEON 700mA agar tegangannya tetap 3.7 Volt, maka yang harus dipecah adalah arus sebesar 5200mA agar terbagi rata ke tiap-tiap led, sehingga panas bisa diminimalkan.
Anda bisa juga menggunakan Battery Nokia BL-5C 3.7 Volt 1400mA. Semoga rangkaian diatas bermanfaat untuk anda dirumah.

Berikut video nyalanya :

Sumber : http://ihsanelectro.blogspot.com/2014/04/rangkaian-lampu-led-luxeon-3w-700ma.html#ixzz3WJQJMuue

Tidak ada komentar:

Posting Komentar