Sabtu, 04 April 2015

RANGKAIAN LAMPU FLIP FLOP


Rangkaian Flip Flop adalah rangkaian yang memakai trigger, yang akan menghasilkan angka logic berupa 1 dan 0 disaat keluarnya. Keadaan ini diakibatkan karena salah satu atau dari kedua angka tersebut dimasukkan. Kapasitasnya sendiri adalah satu bit. Tetapi hal tersebut hanya berlaku ketika salah satu dari daya mereka masing-masing terhubung ataupun terpasang. Jika dibandingkan dengan fungsi dari gerbang logic dasar serta kombinasi, sudah pasti jauh berbeda. Ini karena keluaran dari flip flop sering menggantung di keadaan awal. Keadaan ini bisa juga menjadi kondisi memori atau tidak berubah keluarannya. Ini bisa menjadi penyebab kenapa flip flop sering dipakai untuk elemen memori.

Gambar Skema Rangkaian Flip Flop

Rangkaian Flip Flop
Prinsip kerja dari rangkaian ini dapat dibandingkan dengan prinsip kerja dari transistor sebagai saklar. Ini karena keduanya memiliki prinsip kerja yang hampir sama. Yakni, ketika rangkaian diberi tegangan, maka salah satu dari kondisi transistornya menjadi hidup. Keadaan ini pula memiliki ketergantungan kepada kapasitor yang turut memiliki ketinggian muatan yang lebih jika dibandingkan dengan komponen lainnya. Lebih rinci lagi mengenai prinsip kerja rangkaian flip flop adalah, kapasitor yang ketinggian muatannya lebih akan menyebabkan lepasnya muatan listrik terlebih dahulu setelah itu barulah terjadi hubungan antara kaki transistor dengan kapasitor yang kondisinya sekarang on. Anda dapat mengubah memori yang terdapat pada flip flop, tetapi anda harus memberikan clock pada masukannya.
Rangkaian dasar yang berupa latch yang akan menjadi sebuah penyusun dari flip flop. Jenis latch yang digunakan merupakan jenis RS. Jenis latch tersebut biasa digunakan karena bisa dibentuk di gerbang logic NOR dan NAND. Hal tersebut berbeda dengan fungsi awal yang bergantung dengan kondisi tertentu. Keadaan tersebut juga yang mengakibatkan keluaran tidak berubah. Jika latch di kedua kaki memiliki logic 0, maka akan menyebabkan keluaran flip flop tidak berubah atau sama seperti dengan keadaan semula. Tetapi jika sebaliknya yang terjadi, maka akan menyebabkan keluaran dari flip flop tidak bisa ditentukan.
Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian flip flop, semoga artikel rangkaian kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar